Thursday, 7 July 2011

10 Tips Memilih Smartphone



tips memilih smartphone 10 Tips Memilih Smartphone
        

 Hari-hari belakangan ini, makin banyak produk smartphone masuk Indonesia. Mulai dari yang harganya kurang dari Rp. 2 juta sampai di atas Rp. 5 juta. Ada kecenderungan, ada harga ada rupa. Masing-masing model punya kekuatan dan kelebihan. Dan ternyata tak semua smartphone itu benar-benar smart. Jika anda tak hati-hati memilih, bisa-bisa malah dibikin stres, atau setidaknya tak mendapatkan smartphone sesuai ekspektasi anda. Jadi, sebelum anda membeli, sebaiknya anda baca artikel ini.

Tips Memilih Smartphone

1. Antarmuka

smartphone interface 10 Tips Memilih Smartphone
         Jika smartphone memperlihatkan kinerja antarmuka lemot alias tidak responsif terhadap instruksi ada, atau “pura-pura tidak mengerti instruksi anda,” ini akan bikin anda frustasi. Ingat antarmuka pengguna adalah bagian yang paling sering anda gunakan atau paling sering anda hadapi saat mengoperasikan smartphone. Jadi, cari antarmukanya resposnsif terhadap sentuhan jari anda.
Lambannya respon itu bisa saja dilatari oleh beberapa faktor, terutama dukungan prosesor. Jadi cara pertama untuk memperhitungkan tingkat kepekaan antarmuka adalah mengidentifikasi prosesornya. Cari yang prosesornya berkecepatan 500 MHz atau lebih (beberapa smartphone sekarang bahkan sudah didukung prosesor 1 GHz. Dimana chip prosesor Qyualcomm snapdragon jadi pemimpin pasar.

2. Layar

touch screen smartphone 10 Tips Memilih Smartphone
Layar termasuk bagian yang mempengaruhi tingkat ketangkasan atarmuka terhadap sentuhan anda. Jadi piulih layar sentuh yang bisa secara akurat dan cepat menangkap instruksi melalui sentuhan anda.
Presisi itu bisa anda dapatkan hanya dari tipe layar sentuh kapasitif (capacitive touchscreen). Sistem layar sentuh kapasitif punya lapisan pembungkus yang merupakan kunci cara kerjanya.l lapisan tersebut bersifat kapasitif, yakni dapat menerima dan meneruskan arus listrik dari jari anda, untuk kemudian diarahkan ke sensornya. Inilah yang memungkinkan kita menggunakan jari untuk mengoperasikannya.
Layar resistif (resistive touchscreen) punya sistem kerja berbeda. Pada tipe layar ini terdapat lapisan tips yang bersifat resistif atau menolak arus listrik. Itulah mengapa layar resistif tak bisa bekerja secara efektif dengan sentuhan jari. Karena jari kita mengandung sinyal listrik yang ditolak oleh lapisan tersebut. Layar resistif bekerja bagus bila dioperasikan dengan pena stylus. Hal lain yang perlu anda perhatikan tentangsmartphone yang akan anda beli adalah apakah layar sentuhnya sudah dilengkapi kemampuan multi-touch, yang memungkinkan anda mengoperasikan layar dengan berbagai mode sentuhan. Tanpa dukungan teknologi multitouch, anda akan menghadapi terlalu banyak batasan dalam menggunakan layar sentuh.


3. Input teks

        Sekarang, kita masuk ke wilayah keyboard virtual, atau keyboard yang bisa anda munculkan dan gunakan di layar sentuh. Perhatikan apakah lebar tombol virtualnya cukup besar untuk mengakomodasi ukuran jari anda. Jika lebar tombol terlalu kecil, akan merepotkan anda dalam melakukan pengetikan. Selain itu, perhatikan apakah keyboardnya sudah didukung software untuk memudahkan mempercepat proses pengetikan. Misalnya dukungan aplikasi swype, yang memungkinkan anda mengetik tanpa perlu mengetuk tombol-tombol tapi cukup melakukan sapuan ringan di keyboardnya.


4. Konektivitas

         Smartphone apda dasarnya dirancang untuk terkoneksi dengan internet. Sehingga anda memerlukan dukungan untuk koneksi internet cepat dengan murah. Untuk mendapatkan dukungan koneksi cepat, pilih yang mendukung akses ke jaringan HSDPA, yang menawarkan kecepatan unduh hingga 3,6 Mbps, bahkan 7,2 Mbps. Nah untuk mendapatkan koneksi berbiaya murah, pelajari skema tarif operator.

5. Web Browser

web browser 10 Tips Memilih Smartphone
   Selain konektivitas, satu hal lagi yang juga penting dalam hubungan dengan internet adalah web browser. Untuk mendapatkan tampilan halaman web secara lengkap (tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar maupun komponen grafis lainnya), anda memerlukan browser tipe HTML. Tapi inipun memerlukan dukungan layar agar anda bisa menikmati halaman web dengan cukup nyaman. Jika dimensi layar terlalu kecil, anda akan kerepotan karena harus melakukan lebih banyak zooming agar bisa membaca atau mengidenfifikasi image di halaman web. Oleh sebab itu, anda memerlukan layar berukuran setidaknya 2,8 inci.
Nah satu pertanyaan lagi, apakah web browser di smartphone tersebut mendukung program flash? Cukup banyak smartphone yang browsernya tidak support Flash. Nah, masalah baru muncul ketika anda mau menikmati konten video Youtube. Tanpa browser yang kompatibel dengan program Flash, anda tidak bisa menikmati konten layanan video sharing tersebut.

6. Integrasi situs jejaring sosial Smartphone

facebook twitter 10 Tips Memilih Smartphone
          Smartphone amat populer sejak tahun 2009. Dan salah satu faktor yang mendorong popularitasnya adalah aplikasi jejaring sosial Facebook dan Twitter. Dengan smartphone di tangan, anda bisa mengintegrasikan aplikasi-aplikasi ini dengan antarmuka pengguna anda. Dengan demikian anda bisa melihat status, update terakhir, dan melakukan tweet dengan mudah dan realtime.


7. Dukungan toko aplikasi

        Satu hal yang menyenangkan jika anda memiliki smartphone adalah bisa mengunduh banyak aplikasi baru. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa sebuah smartphone bisa dibilang benar-benar smart jika mendapatkan dukungan dari toko aplikasi yang bagus.


8. Kamera

          Ini bukan fitur esensial untuk perangkat smartphone, tapi mungkin penting bagi anda. Smartphone bukanlah feature phone. Smartphone lebih fokus pada fungsinya sebagai perangkat bergerak untuk akses internet, menjalankan aplikasi, serta mendukung gaya hidup dan hubungan sosial anda. Namun, jika fungsi kamera penting bagi anda, pastikan fasilitas kameranya bisa menghasilkan foto cukup bagus. Dan periksa kelengkapan fasilitas pendukungnya, misalnya dukungan teknologi autofokus, lampu kilat, photo editor, dan lainnya.


9. Camcoder

ces 2011 smartphone 4g 300x221 10 Tips Memilih 
Smartphone
        Jika kamera smartphone menghasilkan foto relatif jelek, akan menghasilkan video jelek pula. Bahkan ada smartphone yang tak menyediakan kamera vide. Ini dapat dimaklumi karena kamera video adalah domain feature phone, bukan smartphone.


10. Platform

            Ini hal terakhir yang perlu anda pertimbangkan untuk memilih smartphone. Yang dimaksud platform smartphone adalah sistem operasi yang menjalankannya. Yang menentukan apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan masing-masing perangkat. Dan pilihan platform juga berkaitan dengan toko aplikasi yang mendukungnya. Untuk panduan memilih platfrom, lihat antara kemampuan platform dan dukungan toko aplikasinya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More