Thursday, 7 July 2011

Apa Itu Android??

Dalam waktu beberapa bulan belakangan operating system android menjadi soroton publik di dunia gadget, mulai dari penggunaan pada smartphone ataupun tablet pc. Belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya Operting Sytem Android ini sudah ditemukan sejak oktober 2003 oleh  Andy Rubin (co-founder of Danger), Rich Miner (co-founder of Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (once VP at T-Mobile),dan Chris White (headed design and interface development at WebTV) kemudian di akuisisi pihak Google pada agustus 2005.
Android digunakan khusus buat gadget mobile paltform yang diambil dari linux kernel yang dapat diupgrade sesuai pengembangan dari pihak pembuat gadget sehingga menjadikan gadget menjadi flexible dalam hal pemakaian, fitur dan user interface. Android sendiri juga mempunyai fitur untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang sebagian besar aplikasi tersebut free software tanpa dipungut biaya apabila membeli gadget yang menggunakan Operating System Android.

Versi Android yang sudah dikenal pada masyarakat saat sekarang ini adalah :

Versi ini dirilis pada 9 Pebruari 2009, dengan user interface yang lebih baik dari sebelumnya dan dilengkapi dengan fitur alarm dan juga masih pengolahan pesan.

Versi ini disebut juga versi Cup Cake yang dirilis 30 April 2009 sudah dilengkapi oleh sedikit fitur-fitus animasi dan sudah bisa terhubung dengan youtube kemudian selain itu versi ini juga sudah mampu merekam dan memutar video, bluethoot , widget berpola pada desktop dan pilihan copas pada webpage.

Pada Versi ini sudah terintegrasi kamera gambar, kamera video dan galery foto. Versi ini dirilis pada 15 September 2009 yang juga sudah dilengkapi dengan pengembambagan voice dial, fitur pencarian unruk bookmark, teknologi jaringan EVDO, WIFI, resolusi WVGA dan android market.

Versi ini dirilis 3 Desember 2009 dengan fitur yang sudah lumayan mumpuni untuk gadget yang digunakan para netters, seperti halnya yang sudah terintegrasi dengan versi ini adalah browser yang sudah mendukung html5, google maps 3.1.2, bluethoot 2.1, kamera flash dengan digital zoom, microsoft exchange, keyboard virtual, resolusi lenih tinggi, pengembangan multi touch atau disebut resistif screen dan optimasi hardware.

Versi ini dirilis pada 20 mei 2010 tetapi mengalami perbaikan pada 20 juni 2010 dan juga versi ini mempunyai kemampuan hardware yang optimal, instal aplikasi pada memory external, support flash 10.1, wifi router, multi touch atau disebut kapasitif screen dan update otomatis pada android market.

Dirilis pada oktober 2010 dengan perubahan user interface yang signifikan, dengan didukung multi prosesor dan optimalisasi pada design grafik. Tidak semua perangkat bisa diupgrade pada versi ini karena Gingerbread mempunyai syarat minimum untuk penginstalan yaitu Prosesor 1GHZ, 512RAM dan diagonal layar 3,5 Inchi.
Semoga bermanfaat bagi para android hunter.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More