Monday, 19 November 2012

Membuka Program DOS di Windows 7

     Meskipun saat kini kita menggunakan sistem operasi windows yang terbaru yang ada saat ini seperti XP, Vista dan Windows 7, namun sistem operasi ini tidak dapat mensupport semua program-program jadul atau bahkan rekan-rekan sekalin sangat suka dan kolektor game-game jadul berbasis DOS. Namun saat running program tersebut maka akan muncul seperti di bawah ini :

 Gambar 1.

Nah kan gampang liatnya..udah saya print screen yang gede-gede ini.. pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana membukanya kan? anda tidak usah pikir panjang, gunakan saja program DOS BOX 0.74 yang bisa anda dapatkan disini (santai bos, ini gratis).

nah step selanjutnya ini nih ane jelasin karena penting. heheh :

1. Install program DOS Box 0.74 seperti biasa, ga usah di utak atik, jalankan seperti biasa.
    2. Setelah program terinstall, jalankan program maka akan muncul gambar seperti gambar 2. 

 
 Gambar 2.


3. Setelah tampalian seperti itu maka  anda harus me mount directori tempat anda menyimpan data anda yang berformat DOS, misal directorynya(maksudnya ini lokasi tempat nyimpanya bos) adalah :   D:\Ansof\Cascade.Exe  maka yang anda ketik di DOS BOX adalah :   " mount d d:\Ansoft " nah setelah mount sukses maka akan tampil seperti gambar 3 :
Gambar 3.


4. Langkah selanjutnya adalah anda tinggal membuka drive virtual D yang sudah anda mounting dengan mengetik " d : " kemudian selanjutnya mengetik "Cascade.exe" maka game atau program yang anda ingin buka sudah terbuka seperti pada gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4

Setelah mengetik seperti diatas, maka anda tinggal tekan enter dan sim salabim,,eh kebuka deh (lebay yah) hahaha seperti gambar di bawah ini nih kawan :



Mudah bukan teman -teman, bila ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan yah, bila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan saja denga mengetik komentar di kolom di bawah,,heheh,,salam sharing...

10 comments:

sudah saya pasang balik sob link ente..
bisa di check di http://kaka-jr.blogspot.com
salam sahabat ya sob...

keren soob artikelnya ..

http://koran-informasi.blogspot.com/

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

sama2 kang @mahasiswa teladan..semoga bermanfaat untuk anda..salam

salam mr. wayan, nama saya wiwij, saya punya kesulitan instal program lama, meskipun udah pakai dos box yang saya download dari link blog saudara, dia basic dos, terbitan tahun 90, apa kira2 ada solusi lain pak bos ya, mohon sarannya,thx

Hallo Pak ahmad maaf replynya terlambat. sebenarnya program DOS tersebut tanpa ada masalah jika kita buka di windows XP pak. dengan gampangnya kita buka, namun berbeda di windows vista maupun windows7. Saya gunakan DOS box aman pak..cuma loadingnya saja yang agak lama. Mungkin bapak salah ketika mengetik perintah. Misalnya :
1. Buatlah drive bayangan dulu, setelah drive bayangan jadi next adalah ingat dimana letak dari file tersebut.
2. load file tersebut dengan memanggil drive bayangan tersebut terlebih dahulu.
3. Kemudian ketik nama program launcernya " artinya : Jika program tsb DOS maka ada sebuah icon yang ketika kita klik maka program tsb jalan, ketiklah nama sesuai nama tsb. Jika Bapak tidak keberatan bisa file program tsb dikirim ke : teknos78@yahoo.com nanti coba saya buka . trims sudah mampir

bos numpang tanyak aplikasinya di laptop gw kok gk bisa pakaia y bos mohon petunjuk bos

directory d:\ansoft doesn`t exist maksudnya apa ini boss
dan mngkn ada aplikasi yg kurang y bosss

Hallo Mas Hendra Salim itu hanya sebagai contoh saja bahwa yg akan di buka berada disana directorynya. Kan saya sebutkan misalnya. Kalau mas maw buka data program DOS di laptop anda coba perhatikan directorynya

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More