Tuesday, 18 June 2013

Cara Install Picture Style/Control di Kamera DSLR Nikon / Canon

Banyak yang beranggapan bahwa kamera hanya di sediakan fitur picture style / picture control bawaan kamera, tahukah anda anda bisa menambahkan fitur tersebut dengan tone yang ada sukai untuk menambah mood foto yang anda buat.
Bagaimana mengistall picture style pada Kamera anda? berikut disajikan tata-cara penginstalannya :

Pada Kamera NIKON anda :

Alat dan bahan:
1. Memory Card
2. Kamera D3X, D3S, D3, D700, D300S, D90,D5000, D7000 and D300
3. File Picture control


Cara instal
  1. Ekstract terlebih dahulu File Download picture style.
  2. Pilih salah satu picture stlye yang anda suka.
  3. buat folder di MMC namanya NIKON
  4. di folder NIKON buat folder lagi namanya CUSTOMPC, masukkan file picture stlye dalam folder CUSTOMPC
  5. picture control yang udah di save diganti dulu namanya jadi PICCON## ,contohnya: PICCON01 atau PICCON02
  6. cabut Memory Card masukin ke kamera
  7. pilih menu SHOOTING MENU
  8. pilih menu MANAGE PICTURE CONTROL
  9. pilih LOAD/SAVE
  10. pilih menu COPY TO CAMERA
  11. pilih picture control yang anda mau
  12. pilih slot kosong buat simpan picture control (biasanya ada 10an slot kosong)

Cara shoot (jepret)
1. pilih menu SET PICTURE CONTROL
2. pilih picture control yang mau dipake.
3. klik OK
4. shoot...
5. silahkan di coba-coba...

Link Download Picture Style Nikon



Pada Kamera CANON EOS anda :
  1. Pastikan software “EOS Utility” yang disediakan gratis pada bundle pembelian EOS telah terinstal pada komputer anda.
  2. Sambungkan kamera EOS dengan komputer memakai kabel data yang diberikan sepaket dengan kamera.
  3. Setelah kamera dan komputer tersambung melalui kabel data, nyalakan kamera. 
  4. Buka aplikasi “Canon Utility” pada komputer anda, dan pilih opsi “Camera settings/Remote shooting”
 


      5. Klik pada opsi berlambang kamera, dan double klik pada “Register User Defined Style”

       6. Browse Picture Style yang anda inginkan dan tekan Ok


 

      7. Untuk mengganti Picture Style anda tinggal mem”browse” file yang lain untuk dimasukan pada kamera
      8. Saat selesai, tekan tombol “Main Window” dibagian bawah window, dan pada window
          utama tekan “Quite”
     9. Matikan kamera anda

Link Download Picture Control Canon 




20 comments:

Bos , pas di extract minta password , berapa passwordnya ?

Ah masak bro? Saya ga pernah kasi password kok itu filenya saya share secara free. kalau kawan2 yang lain yng ikutan download apakah demikian?

gan buat nikon d3100 gmna cara'a ya?

Agan @adden Kurnia : Hanya bisa di nikon kelas semi pro gan. klo di bawah itu gan bs gan :D

@riyan candra = udah cek di kameranya? ada fitur picture style ga? klo ada bs pasti :D

Gan kalau nikon D3200 gmana ? bisa ?

Kalo nikon d3100 bisa dimasukin efek aquamarine gak?

Om @muhammad Fisabilillah : efek aquamarine bukannya punya Canon? ya ga bs lah om di masukin efek ajah ga bs di D3100 bisanya hanya di D70 dan sejenisnya, D80 ke atas d90 dst nya :D

@Bagaskara Tomi = Coba masuk ke settingan om cari picture style ada ga slot kosong disna? klo ada slot kosong utk picture stylenya berarti bisa. D3200 kamera keluaran baru yah. klo kamera seri kepala 3xxxx sepertinya sih belum bisa IMHO. CMIMW

Gan yang di ganti itu folder yang di dl atau isi folder yang diganti menjadi picoon01 yang file 1kb

Buat Folder di memory Card namanya Nikon ===> di dalem folder nikon buat lagi folder nama CUSTOMPC ===> di dalam folder CUSTOM PC pastekan picture style yang sudah anda extract, boleh satu boleh dua, FILE PICTURE STYLE ini yang anda rubah namanya menjadi PICCO## (## menunjukkan angka bisa 01, bisa 02 misalnya PICCO01)

bang saya udh coba , di nikon d5200 kok gk bsa ya , padahal ada menu picture style , malah muncul tulisan tidak menemukan file di mmc

bos saya sudah cobA di d80 saya kok gak bisa ya,,,MANAGE PICTURE CONTROL gak isi di menu

@ anonymous : Apakah sudah di set belum nama picture style nya ke PICCON01 klo belum di set dan tidak sesuai dengan step by step ga akan bisa mas

@surya Coll : udah coba di piture stylenya komandan trus? D70 juga serupa demikian harus di input menggunakan programnya sendiri ga bs lewat MMC hehhee

Kak kamera ku d5200 nikon kok tetep gaa bisa ya :(

om emang D3100 ga bisa isi efek ??

Kok di nikon d5100 sy gk bs load yaa mas??mohon pencerahannya

Broo jadi buat nikon ga bisa di isi aquamarine yah?

Gan dinikon d5100 bisa dimasukin aquamarine gak ya ?

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More