Friday 8 August 2014

Tebing Keraton Bandung , Dago (Patahan Lembang) Bandung

Yah Tebing Keraton, tempat yang sedang booming ini di banjiri pengunjung. Lokasinya sebenarnya hanya sedikit tapi memang pemandangannya enak sekali disini.

Akan menjadi pertanyaan klasik apa yang ada disini? mungkin jawabannya adalah pemandangan yang mirip scene squel Avatar yang berada di tebing-tebing perbukitan layaknya di china. Untuk masuk tempat ini anda di haruskan membayar Rp 11.000 dan parkir motor sebesar Rp 5.000,- (Yang rumornya baru berlaku Sabtu ini 09 Agustus 2014)

Tiket Masuk (Foto By : Kang Ujang Ubed Hidayat)
Adapun Rute untuk mencapai tebing keraton ini :
  1. Gunakan Patokan Simpang Dago MC.D
  2. Naik ke arah atas ke arah terminal dago sampai ketemu terminal dago.
  3. Dari terminal dago terus lurus ke atas hingga menemukan indomaret kiri jalan, pelan-pelan, ada jalan kecil ke arah kiri menuju Tahura Dago.
  4. Masuk ke arah Tahura Dago, setelah sampai di pintu gabura tahura dago trus bablas 10m lagi dan akan ada persimpangan, ambil arah ke kanan.
  5. Setelah arah kekanan anda akan menemukan jalan yang di kiri kanan terdapat rumah besar ikuti jalan berbatu ini sepanjang kurang lebih 6km.
  6. Kurang lebih setelah 6km anda akan menemukan parkiran motor dan mobil itulah parkiran tebing keraton.
  7. Untuk Tiket masuk per orang dikenakan 11rb dan parkir motor 5rb. Turis asing 76rb

Suasana Parkiran

Setelah berjalan sekitar 200m dari pintu masuk anda akan langsung di suguhkan pemandangan tebing yang sedap di pandang.

Tebing Keraton

Sebenarnya lokasi tebing ini terletak tebat di atas TAHURA DAGO (taman hutan rakyat). Untuk mencapai tempat ini dari terminal dago ambil arah menuju taman hutan rakyat hingga sampai di pintu masuknya, kemudia terus naik sedikit lagi ada persimpangan (pertigaan) belok kanan, ikuti jalan tersebut kurang lebih sekitar 5km dengan kondisi jalan terjal berbatu. Selama perjalanan anda akan menemukan banyak jalan bercabang jangan berbelok lurus saja maka anda akan sampai di tempat ini.

Pemandangan arah timur

Sabtu ini saya ke lokasi bersama 5 orang kawan saya, Kang dody sukmana tirta bersama adiknya, Kang nopan maulana bersama pacarnya, Bang Rahman Faisal , dan saya sendiri. Kami berangkat 04.30 WIB sampai di lokasi sekitar 06.00 WIB. dan sempat melihat matahari terbit disana.

Sunrise di Tebing Keraton

Hanya dengan memandang ke arah timur anda dengan mudah memperoleh pemandangan sunrise dari atas bukit dengan pemandangan yg luar biasa.  Sabtu ini pengunjung bisa dikatakan lumayan ramai hingga tebing yang  sempit tersebut penuh sesak oleh pengunjung yang kebanyakan dari jakarta.
Kang Nopan dan Kang Tirta
Bang Faisal

Pengunjung

Ternyata boomingnya tebing keraton di media massa akhir-akhir ini membawa pengunjung yang tidak sedikit bahkan penuh sesak. Yang di takutkan para fotografer Wild Life adalah karena saking banyaknya pengunjung ini habitat burung alap-alap sapi di tempat ini menjadi terganggu. Namun apa boleh buat Pariwisata selalu bermata dua. Di satu sisi menggerakkan roda perekonomian rakyat di satu sisi ada dampak negatif lain seperti sampah.

Tong Sampah
Saat di atas ada seorang anak yang berusia mungkin sekitar 18thn dan merokok setelah merokok dia bahkan tidak mematikan puntung rokoknya sebelum membuangnya ke tong sampah. Sebuah kebiasaan yang kurang baik. Dan saya harus mematikan puntung rokkoknya yang notabene saya bukan perokok

Akhir cerita sekianlah cerita perjalanan saya menjelajah Tebing Keraton yang Fenomenal di Instagram dan tanpa lupa kita Selfie dulu sebelum pulang sebagai bukti sudah disana hahahha
It's Me

Tunggangan ane

tahura -> taman hutan raya kali ooomm

Wah rame juga ya :D waktu saya kesana kemarin nggak terlalu rame~ Memang pemandangannya cakep sih :)

tebing keraton memang paling cocok kalau ke wisata alam bandung