Friday 8 June 2018

Mengatasi Tanaman Hias Brokoli Kuning Yang Layu

Tanaman ini termasuk tananam hias yang unik. Disamping warna daunnya yang bergradasi. Bentuk daun yang kadang melintir membuat pekarangan anda menjadi bagus dipandang jika di tanam.

Secara Terori berdasarkan artikel dan beberapa bacaan. Konon katanya tanaman ini mudah ditanam dan tahan terhadap panas. Bisa Saya katakan prakter di lapangan tidak semudah teori yang dijabarkan. Saya memberi 20 tanaman brokoli kuning dan ditanam di sekitar pekarangan. Dan seminggu setelah penanaman beberapa tanaman mulai mengering, layu dan mati. Posisi rumah saya berada 800m dari pantai. Beberapa orang mengatakan tanaman ini kuat terhadap panas. Yang jadi pertanyaan mengapa layu???

Tanaman yang mulai mengering

Kemudian disusul beberapa tanaman lain lagi yang mulai mengering dan mati seminggu berikutnya. Padahal Saya rutin menyiram dua kali sehari. Kemudian saya mendapati artikel lain mengenai cara perawatan airnya hanya sekali sehari. Saya mencoba metode tersebut namun hasilnya sama hingga tersisa 8 buah tanaman yang masih bertahan.

Dengan Kondisi demikian saya melalkukan beberapa eksperimen :
1. Menyiram air ketika kondisi tanaman sudah terlihat mulai layu.
2. Menyiram batang dan daun tanaman berharap tanaman tidak kepanasan. 

Namun cara terserbut tidak berhasil pula. Hingga pada beberapa waktu saya menemukan masalahnya. Tanah di sekitar tanaman terlalu padat. Ketika disiram maka tanah tersebut menggumpal bagian atas dan air tidak bisa masuk ke bagian akar. Ketika Tanah sekitar akar digali tanahnya kering. Cara mengatasinya adalah dengan :
1. menggemburkan tanah sekitar tanaman dan lubangi beberapa lubang yang tembus sampai akar tanaman.
2. Penyiraman cukup sehari sekali di lubang2 yang sudah dibuat.

Dan inilah beberapa tanaman yang berhasil diselamatkan
Ujung tanaman sudah tumbuh kembali

Demikianlah Tips untuk tanaman ini semoga membantu. Terimakasih

5 comments:

Sangat bermanfaat.. terimakasih..

masih hidup tanamannya sampai saat ini min ?

sama tanaman saya juga seperti itu,, terimakasih atas ilmunya

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More